loading...

Pengertian dan Definisi Statistik dan Statistika

Pengertian dan Definisi Statistik dan Statistika.  Statistik adalah himpunan angka-angka mengenai suatu masalah yang dapat memberi gambaran secara terperinci tentang masalah tersebut. Statistik dapat juga di artikan sebagai ukuran yang di hitung sekelompok data atau merupakan wakil dari data tersebut. Himpunan angka-angka yang di peroleh tersebut kemudian di susun dalam suatu tabel sehingga mudah untuk di mengerti dan di baca. Contoh ststiatik antara lain adalah statistik penduduk, statistik penderita penyakit malaria, dll.

Sedangkan Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang pengumpulan, pengaturan, perhitungan, penggambara, dan penganalisaan data serta penarikan kesimpulan yang valid berdasarkan analisa yang telah di lakukan yang di akhiri dengan pengambilan keputusan yang rasional. Berdasarkan aktivitasnya, statistika di bedakan menjadi 2, yaitu:
  1. Statistika deskriptif yaitu aktivitas pengumpulan, pengaturan, perhitungan, penggambaran dan penganalisaan data.
  2. Statistika inferensi yaitu aktivitas yang berhubungan dengan penarikan kesimpulan yang valid berrdasarkan hasil analisa yang di lanjutkan dengan pembuatan keputusan yang rasional.
Bagikan :
Back To Top